HMJ-Fisika Gelar Tudang Sipulung

  • 10 Mei 2018
  • 04:12 WITA
  • Administrator
  • Berita

KabarMakassar.com--Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika Fakultas Sains dan Teknologi (SAINTEK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, gelar tudang sipulung dengan tema "Merawat Lembaga Dalam Kebersamaan" di Benteng Somba Opu, Rumah Adat Mandar, Sabtu (28/04/2018).

Masyarakat Bugis Makassar, mengenal istilah tudang sipulung yang secara harfiah berarti “duduk bersama”, namun secara konseptual merupakan ruang kultural yang demokratis bagi publik (rakyat) untuk menyuarakan kepentingan kepentingannya dalam rangka mencari solusi atas permasalahan permasalahan yang mereka hadapi.

Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari  dari tanggal 28 -29 yang akan menghadirkan alumni beserta mahasiswa fisika itu sendiri, suasana juga nantinya akan dicairkan dengan adanya api unggun, games, pemutaran film dan makan bersama, seperti yang diungkapkan oleh ketua HMJ , Basmanto.

"Kegiatan ini dilaksanakan agar bisa mempertemukan mahasiswa fisika dari tiap angkatan dan nantinya akan dihadiri oleh beberapa alumni fisika” jelasnya.

Selain itu, ketua panitia menambahkan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari HMJ Fisika dan digelar untuk mempererat silaturahmi antar mahasiswa Fisika.

"Mengingat kmbali ke output yg ingin dicapai di tudang sipulung ini yaitu mepererat tali silaturahmi, juga membahas mengenai hal-hal penting bagi HMJ Fisika yang belum di tuangkan dalam Anggaran Dasar/Anggaran Dasar Rumah Tangga AD/ART, "tutur Ahmad Albar.

"Semoga dengan selesainya kegiatan ini, HMJ Fisika bisa lebih terarah,  dengan pedoman yang diperoleh dari tudang sipulung, antara alumni dan mahasiswa bisa terjalin rasa persaudaraan yg kuat, "tutupnya.

Dalam tudang sipulung ini diharapkan menjadi ruang demokrasi bagi publik khususnya HMJ Fisika itu sendiri untuk memperoleh kata mufakat atas permasalahan atau pun kegiatan yang akan diselenggarakan mendatang. 

[Nur Fadhilah Sophyan]

Dikutip dari KabarMakassar.com