Oktober, HMJ Fisika UIN Alauddin Makassar Bakal Gelar Physics Fair 2018

  • 26 Juli 2018
  • 03:27 WITA
  • Administrator
  • Berita

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) kembali hadir menggelar kegiatan Physics Fair (PF) 2018. Tema PF kali ini adalah “Inovasi Cendekiawan Mudah dalam Semangat Renewable Energy Munuju Generasi Peradaban”.

Physics Fair merupakan lomba yang diperuntukkan bagi siswa dan siswi se-Sulselbar yang rutin dilakukan setiap tahunnya. Kegiatan ini diharapkan dapat menjaring intelektual-intelektual mudah Indonesia khususnya wilayah Sulselbar yang mempunyai kompetensi terbaik pada bidang Fisika, Seni dan tentunya Keislaman. Ketua Panitia, Ansar mengatakan, kegiatan ini ditargetkan berlangsung pada bulan Oktober 2018 mendatang, yang bertempat di Fakultas Sains dan Teknologi dan di Auditorium kampus II  UIN Alauddin Makassar. Lanjut Ansar menerangkan, kegiatan ini akan mempertandingkan beberapa jenis lomaba seperti Lombakarya Tulis Ilmia (LKTI), Olimpeade Sains, Cerdas Cermat dan Mading 3D Untuk bidang Sains. “Pada bidang keIslaman sendiri kita mengadakan lomba Musabaqah Syahril Qur’an. Dan bidang seni ada cipta dan musikalisasi puisi. Ada pula lomba yang diperuntukkan bagi Mahasiswa UIN Alauddin Makassar yaitu Debat,” jelasnya. Baca :Alumni HMI di IAIN/UIN Alauddin siapkan reuni akbar Adapun perbedaan Physics Fair 2018, dengan tahun sebelumnya, kata Ansar, yakni terletak pada Lomba LKTI dan Talkshow. “Salah satu lomba yang  belum pernah diadakan pada Physics Fair tahun-tahun sebelumnya adalah LKTI, perlombaaan ini kami adakan agar dapat membagun generasi mudah yang mempunyai jiwa riset dan dapat menalar serta menganalisis fenomena yang ada di lingkungan sekitar. Selain itu kami juga mengadakan Talk Show bagi siswa-siswi SMA Sederajat untuk menambah Ilmu serta wawasannya mengenai bidang Fisika khususnya. Siswa-siswi juga akan mendapat piagam, medali, piala serta uang pembinaan bagi pemenang lomba,” ujar Ansar.

Ia berharap semoga dengan adanya event ini, kita dapat membentuk SDM yang professional dan berdaya saing tinggi pada era-Global kedepannya. Dirinya juga berpesan agar lomba ini dapat menanamkan kesadaran dan keberanian mencoba, belajar menerapkan langsung dan sekaligus bisa berpartisipasi secara optimal serta menandakan sifat kompetitif kerja sama yang sehat sejak dini bagi siswa-siswi di wilayah Sulselbar. “PF kedepannya tidak hanya dilakukan pada wilayah se-Sulselbar saja, tapi juga se-Sulawesi,” pungkasnya.