GUGUS PENJAMINAN MUTU PRODI FISIKA ADAKAN WORKSHOP TURNITIN TUK HINDARI PLAGIARISME

  • 19 November 2020
  • 01:02 WITA
  • Administrator
  • Berita

Dalam rangka meningkatkan mutu Program Studi Fisika khususnya dalam publikasi karya ilmiah yang dihasilkan oleh peneliti baik dosen atau mahasiswa, Gugus Penjaminan Mutu (GPM) prodi fisika menyelenggarakan Workshop “Turnitin: hindari Plagiarisme” pada hari Rabu, 18 November 2020 bertempat di Ruang Rapat Prodi Fisika UIN Alauddin Makassar.

Acara workshop ini dibuka oleh Ihsan, M.Si Ketua Prodi Fisika UIN Alauddin Makassar. Workshop dihadiri oleh Dosen di prodi Fisika UIN Alauddin Makassar, Pengelola Jurnal Prodi dan anggotanya. Pemateri dalam Workshop ini adalah Amirin Kusmiran S.T., M.T. selaku perwakilan dan tim Gugus Penjaminan Mutu Prodi Fisika.

Workshop ini dilaksanakan oleh GPM Prodi dengan tujuan untuk meningkatkan perhatian terhadap plagiarism atau penjiplakan dari sumber karya ilmiah yang telah terpublikasikan. Kegiatan ini penting dilakukan untuk para peneliti untuk senantiasa berhati-hati dalam dalam menulis karya ilmiah yang akan dipublikasikan pada jurnal nasional maupun internasional. Untuk pengelola jurnal khususnya, workshop ini berguna untuk meningkatkan integritas jurnal dengan mengurangi karya tulis yang kurang berkualitas. Pada umumnya workshop ini bertujuan untuk memperkenalkan alat bantu cek plagiarisme yang dapat digunakan penulis sebelum mempublikasikan karya ilmiahnya.

Pada sesi pemaparan materi, Amirin Kusmiran S.T., M.T. memparkan tentang alat bantu cek plagiarism yakni Turnitin yang sudah di langgan oleh UIN Alauddin Makassar. Turnitin ini merupakan sebuah perangkat lunak yang bisa diakses online untuk memeriksa penjiplakan dari suatu tulisan. Pada sesi pemaparan ini pemateri mendemonstrasikan secara langsung cara mengecek penjiplakan tulisan sebuah artikel. Pada waktu pendemostrasian, peserta bisa mencoba langsung dan dipersilahkan bertanya.

Akses Turnitin ini di prioritaskan untuk dosen, jadi setiap dosen memiliki akun untuk dapat mengases Turnitin. Menurut arahan dari pemateri, persentase maksimal plagiarisme yakni 25%. Dengan akses Turnitin ini, dosen dapat memanfaatkan untuk mengecek plagiarism pada  tugas, artikel ilmiah, karya tulis, laporan, dan skripsi mahasiswa.

Dengan adanya kegiatan workshop ini besar harapan dari GPM Prodi Fisika yakni agar para dosen maupun mahasiswa bisa menghasilkan karya-karya ilmiah yang lebih berkualitas terhindar dari plagiarisme.