Fisika FST UIN Alauddin raih Akreditas B

  • 02 Desember 2020
  • 02:05 WITA
  • Administrator
  • Berita

Menjelang akhir tahun 2020, UIN Alauddin Makassar telah mendapatkan Surat Keputusan dari BANPT mengenai Peringkat Akreditasi untuk Program studi fisika. Menurut informasi dari Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online BANPT mendapatkan Peringkat B.

Hal ini tertuang dalam SK No. 7679/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2020 tahun 2020 menyatakan Status Terakreditasi Program Studi Fisika UIN Alauddin Makassar mendapat Peringkat B.

 

Hasil akreditasi peringkat B membuktikan bahwa program studi Fisika sudah cukup memenuhi kriteria dari syarat-syarat penilaian akreditasi yang meliputi: Kurikulum dari setiap program pendidikan; prestasi dosen dan mahasiswa; proses belajar-mengajar; penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri .

Akreditasi diperlukan untuk menjamin mutu dari suatu lembaga pendidikan. Selain itu untuk masyarakat umum, akreditasi juga bisa menjadi alat untuk mengukur sistem penjaminan mutu suatu Perguruan Tinggi dalam melakukan proses belajar mengajar. Pada periode sebelumnya program Studi Fisika dengan akreditasi C, kini telah membuktikan bahwa Prodi Fisika sudah layak memenuhi kriteria untuk mendapatkan hasil akreditasi B ini. Hasil wawancara dengan Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Ihsan, M.Si “Ini menjadi tantangan bagaimana meningkatkan terus kualitas proses belajar, kerjasama dengan pihak luar, bahkan meningkatkan kualitas dosen kedepannya. Kami berharap kedepannya bisa lebih baik.” ujar Ihsan.

Dengan perolehan Peringkat B ini menunjukkan bahwa Program Studi Fisika UIN Alauddin Makassar betul-betul mengedepankan kualitas dalam setiap proses Tri Dharma Perguruan Tinggi dan hal ini merupakan komitmen bersama seluruh sivitas akademika  untuk selalu meningkatkan kualitas agar menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki daya saing sehingga bisa memberikan darma baktinya kepada bangsa dan negara.