Penerapan Filter Air kepada Masyarakat

  • 06 Desember 2020
  • 02:45 WITA
  • Administrator
  • Berita

Sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi, Dosen Fisika UIN Alauddin Makassar aktif melakukan Pengabdian terhadap Masyarakat yang hasilnya langsung diaplikasikan dan bermanfaat bagi masyarakat. Para Dosen Fisika UIN Alauddin Makassar menggelar aktivitas pengabdian masyarakat di Masjid Perumahan Fakultas Teknik, Borongloe, Bontomarannu kemarin. Aktivitas ini melibatkan para dosen fisika UIN Alauddin Makassar dan Masyarakat di Perumahan Fakultas Teknik.

Sekretaris fisika, Muh. Said L S.Si. M.Pd., menyatakan kegiatan kali ini lebih difokuskan pada upaya membantu masyarakat dalam penanganan masalah air bersih di Perumahan Fakultas Teknik. ''Tema besar yang kami angkat adalah Pembuatan Teknologi penjernih air dengan memanfaatkan bahan alam,'' ujar beliau, kemarin.

Wakil ketua tim pengabdian, Amirin Kusmiran menyatakan bahwa berdasarkan survey yang dilakukan oleh tim, air di daerah tersebut kotor dan tercemar.  Sehingga diperlukan upaya untuk penjernihan air agar bersih dan tidak tercemar. “Kita sebagai tim PKM fisika UIN Alauddin Makassar membuat rancang alat penjernih air berbasis bahan alam.”ujar Amirin.

Tim akan berada di tengah masyarakat untuk membantu memberikan transfer ilmu dan pengetahuan tentang alat penjernihan air berbasis bahan alam. Penjelasan itu dibarengi dengan demonstrasi alat yang telah dibuat. Yakni dengan menjelaskan bahan bahan yang digunakan dalam pembuatan filter seperti  Zeolit alam, Pasir silica, Karbon aktif dan ijuk. Langkah ini mendukung masyarakat untuk bisa mengelola air bersih dirumah masing-masing.

Inovasi dari tim dosen Fisika untuk pembuatan alat Filter air berbasis bahan alam disambut antusias oleh warga di Perumahan Fakultas Teknik. Muhammad Takbir, salah satu warga, “Semua hasil produk dari alat filter air ini bisa diaplikasikan dan bisa berkelanjutan.” Ujar Muhammad Takbir. Alhamdulillah kegitan Pengabdian Kepada Masyarakat berjalan dengan lancar. Semoga Penerapan teknologi tepat guna Penjernih Air Berbasis Bahan Alam bisa memberikan manfaat yang maksimal untuk masyarakat.

Berita Terkait