Short Course QGIS

  • 06 Desember 2020
  • 03:02 WITA
  • Administrator
  • Berita

Himpunan Mahasiswa Geofisika  Indonesia (HMGI) wilayah 5, gelar Short course tentang QGIS, Sabtu, 5 Desember 2020 pukul 10.00-12.00 Wita via google meet. Kali ini HMGI Wilayah V mengadakan SHORTCOURSE dengan tema "Rahasia QGIS : Membuat Pengolahan Data Survei Semakin Mudah. Pemarteri pada short course kali ini adalah Abd. Hafidz  yang Expert di bidang GIS dan remote sensing dan analisis.

Kegiatan ini merupakan keiatan kerjasama yang dilakukan oleh beberapa Himpunan Mahasiswa di wilayah 5 salah satunya yaitu HMJ Fisika UIN Alauddin Makassar. HMJ  Fisika UIN Alauddin  Makasaar, selama ini cukup aktif dengan berbagai kegiatan termasuk dalam berpatisipasi dalam kegiatan kerjasama yang dilakukan dengan HMGI. Beberapa mahasiswa dari Fisika UIN Alauddin menghadiri shorcourse kali ini untuk meningkatkan kualitas, terutama dalam pengolahan data survey. Selain itu, juga dihadiri beberapa dosen fisika UIN Alauddin.

Quantum GIS adalah perangkat lunak untuk Sistem Informasi Geografis (SIG) yang berbasiskan open source. Sama dengan perangkat GIS lainnya, Quantum GIS juga didesain untuk pengolahan data Sistem Informasi Geografis (SIG) yang bisa dijalankan di berbagai macam platform seperti Windows, MacOS, Linux, dan lain sebagainya. Quantum GIS juga mendukung banyak format dan fungsionalitas data vektor, raster, dan basisdata. Untuk release terbaru dari aplikasi Quantum GIS dapat dilihat pada laman resminya. Data permukaan atau elevasi berguna untuk banyak analisa GIS dan sering digunakan dalam Peta-peta. QGIS mempunyai kemampuan built-in yang baik untuk memproses permukaan medan.

Pada Short course kali ini para peserta dibimbing dan dilatih untuk  mencari dan mengunduh data permukaan medan secara bebas. Mengekspor sebuah layer vektor sebagai KML  dan melihatnya di Google Earth. Peserta shortcourse Quantum GIS ini diharapkan mampu memahami konsep dasar dari Sistem Informasi Geografis, mengoperasikan Quantum GIS untuk pengolahan data spasial, membuat peta tematik menggunakan aplikasi Quantum GIS dan mampu melakukan analisa data SIG menggunakan aplikasi Quantum GIS.