Pengumuman Try OUT UM-PTKIN Fisika

  • 07 Maret 2021
  • 10:43 WITA
  • Administrator
  • Berita

Tahun ajaran baru telah tiba. Tahun ajaran baru identic dengan persiapan menuju level pendidikan yang lebih tinggi. Ada yang naik kelas, ada yang beranjak ke tingkat SMP, SMA, dan bahkan ke tingkatan paling tinggi yakni perguruan tinggi. Tentunya, untuk memulai jenjang pendidikan yang lebih tinggi, diperlukan persiapan dan pengetahuan yang lebih luas lagi. Terlebih, proses menuju pendidikan level tinggi tidak lagi sesederhana zaman dahulu, dimana sekarang ini ada beberapa jenis tes yang menjadi pintu gerbang bagi siswa menuju mahasiswa dalam suatu perguruan tinggi.

Salah pilih universitas, karir di masa depan menjadi terancam. Penggalan kalimat ini merupakan momok yang cukup menakutkan tidak hanya bagi siswa tapi juga orang tua. Karena itu, tidak sedikit orang tua yang ikut andil dalam memilih perguruan tinggi tujuan anak-anaknya. Disamping itu, banyak poin-poin penting lainnya yang menjadi perhatian orang tua dan siswa dalam mempersiapkan dirinya menjadi seorang mahasiswa. Salah satu yang umum dilakukan adalah memperbanyak belajar atau mengikuti pelatihan-pelatihan dalam menaklukan soal-soal tes masuk perguruan tinggi yang beraneka jenisnya itu.

Untuk alasan itu, Jurusan Fisika FST UIN Alauddin Makassar hadir menjadi salah satu “jembatan” bagi siswa dalam mempersiapkan diri memasuki gerbang perguruan tinggi dengan menginisiasi diadakannya try out. Kegiatan ini direncanakan berlangsung pada hari Ahad tanggal 28 Maret 2021 secara virtual menggunakan aplikasi zoom. Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa-siswa tahun akhir yang tersebar di Sulawesi Selatan. Dalam perencanaannya, kegiatan ini akan mengajak peserta berlatih menyelesaikan soal-soal Fisika dan Keislaman yang merupakan bagian dari tes jalur UM-PTKIN maupun UMM. Selain itu, menariknya, akan ada doorprize berupa uang tunai total Rp. 3.000.000,- bagi peserta try out yang berhasil menempati rangking 10 besar.

Sesuai dengan namanya, kegiatan ini diharapkan menjadi ajang perkenalan ataupun latihan bagi siswa dalam menyelesaikan soal-soal bidang Fisika dan soal-soal yang bekaitan dengan kemampuan Bahasa Arab dan keislaman. Besar harapan dari pihak panitia agar banyak siswa yang bergabung dalam kegiatan ini. So, let’s try and be success on UM-PTKIN & UMM!

oleh Asriani