Lagi, RNH-Malebbi’, wakil UIN Alauddin Makassar berhasil menjadi finalis dalam INSITEF 2021

  • 25 Juni 2021
  • 02:23 WITA
  • Administrator
  • Berita

Setelah sebelumnya berhasil masuk ke babak 10 besar, kabar membanggakan datang lagi dari kegiatan International Science & Technology fair (INSITEF) 2021.  INSITEF sendiri merupakan lomba yang diselenggrakan oleh Himpunan Mahasiswa Mesin Universitas Pertamina (HMM-UP) dengan tema “Energi Idea Competition: Renewable Energy”.

Pada kegiatan ini, setelah mengikuti serangkaian kegiatan dalam babak penyisihan 10 besar, RNH-Malebbi’ kembali masuk menjadi finais 5 besar. Masih dengan judul karya yang sama, yaitu “Inovasi Limbah Kulit Durian (Durio Ziberthius) dan Buah Maja (Aegle Marmelos)  sebagai Sumber Energi Pengganti Air Aki dengan Menggunakan Teknologi MFC (Microbial Fuel Cell).

Untuk sampai di babak 5 besar, Tim RNH-Malebbi’ yang beranggotakan Edysul Isdar, Wiwi Pratiwi, dan Maryam membuat video singkat tentang karya yang diangkat. Video berdurasi sekitar 7 menit itu menceritakan tentang ide penelitian berbasis energi terbarukan sesuai judul karya yang diusung oleh Tim RNH-Malebbi’. Selanjutnya, karena telah berhasil masuk 5 besar, Tim RNH-Malebbi’bersiap-siap untuk masuk ke babak final dengan mempresentasikan hasil penelitian yang menjadi ide dalam perlombaan ini.

Berkaitan dengan kabar membanggakan tersebut, Ihsan, S.Pd., M.Si., selaku Ketua jurusan Fisika menyampaikan dukungan dan apresiasi ke Tim RNH-Malebbi’. 

“Kami, selaku pimpinan dan seluruh Dosen di Jurusan Fisika bangga atas prestasi yang diraih oleh mahasiswa kami. Semoga, Tim RNH-Malebbi’ bisa lolos sampai tahap akhir dan keluar sebagai pemenang,” harapnya.


Oleh Asriani