Dukung Program Pemda dalam Mengatasi Sampah, Jurusan Fisika UINAM Laksanakan PKM di Kelurahan Bontoramba, Gowa

  • 26 Agustus 2021
  • 02:25 WITA
  • Administrator
  • Berita

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupaka salah satu tugas perguruan tinggi yang tercakup dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan PKM menjadi kegiatan rutin yang wajib diselenggarakan oleh seorang tenaga pendidik di lingkungan perguruan tinggi. Sehubungan dengan itu, Jurusan Fisika FST UIN Alauddin Makassar menyelenggarakan program PKM pada hari Rabu, 25 Agustus 2021 berlokasi di Lingkungan Bontobaddo, Kelurahan Bontoramba, Gowa. Kegiatan ini dihadiri oleh Dosen-dosen Jurusan Fisika dan melibatkan masyarakat di lingkungan Bontobaddo dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Prasepvianto E.B., M.Si, selaku ketua Tim Pengabdi mengusung tema “Sosialisasi Pembakar Sampah dengan Bahan Bakar Oli Bekas dan Air”. Tema ini diusung sebagai bentuk kepedulian Jurusan Fisika dalam membantu mengatasi masalah sampah di masyarakat.

Kegiatan ini dibuka oleh Lurah Bontoramba, Abdul Kadir yang didampingi oleh ketua RT 14 Lingkungan Bontobaddo, Riswan Majid, S.Pd.I. Dalam sambutannya, Abdul Kadir menuturkan bahwa tema yang diangkat dalam kegiatan PKM ini sejalan dengan program Pemda dalam mengatasi masalah sampah.

“Belum lama ini, Pemda menghimbau kepada kami, seluruh lurah dan kepala desa di kabupaten Gowa agar membuat program dalam mengatasi masalah sampah”, tuturnya.

Selain itu, dalam sambutannya juga, Lurah Bontobaddo menghimbau kepada warga masyarakat agar tidak sembarangan dalam membakar sampah. Katanya, perlu pos-pos pembakaran sampah di setiap RT sehingga masalah sampah dapat ditanggulangi dengan baik. Untuk itu, Lurah Bontoramba sempat menyinggung soal kerja sama dengan pihak Jurusan Fisika dalam pembuatan alat pembakar sampah seperti yang ditampilkan dalam kegiatan PKM ini. Sementara itu, Ihsan, S.Pd., M.Si., selaku ketua Jurusan menyambut baik prihal rencana kerjasama yang dimaksud.



Oleh Asriani