Alat Cuci Tangan Otomatis

  • 11-05-2020
  • 12:16 WITA
  • admin_fis
  • Pengabdian Masyarakat

Covid19 merupakan virus yang proses transmisinya dapat melalui kontak lansung dengan material. oleh karena itu, Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menghindari hal tersebut yakni merakit atau membuat alat cuci tangan otomatis terang Ketua Jurusan Fisika, Ihsan, S.Pd., M.Si, yang didampingi oleh Sekretaris Jurusan Fisika, Muh. Said L., S.Si., M.Pd,  pada saat melakukan pengabdian masyarakat pada Senin, 04 Mei 2020. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di dua tempat yakni di Puskesmas Moncongloe Maros dan Puskesmas Samata Gowa.

Alat pencuci tangan otomatis ini dirancang lansung oleh TIM Pengabdian Masyarakat Jurusan Fisika sebagai kontribusi nyata dalam penanganan covid19 yang telah menjadi pandemi di Indonesia. Alat ini pada prinsip menggunakan infra merah sebagai transfer dan penerima data antara transmitter dengan receiver. Band frekuensi yang digunakan yakni 30-56 kHz, dimana jika detector menerima frekuensi maka pin keluarannya berlogika 0, dan sebaliknya, terang Muhtar, M.T selaku ketua dalam pembuatan alat cuci tangan otomatis ini.Alat ini dapat dapat diaktifkan hanya memanfaatkan arus DC sebesar 5 Volt, dan memanfaatkan filter alami seperti arang, ijuk, pasir, dan silika.

Alat cuci tangan otomatis yang telah ditempatkan di kedua puskesmas tersebut diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat. Alat ini dapat terus dikembangkan dan dapat diaplikasikan ditempat peribadatan. Selai itu, alat ini dapat diproduksi lagi jika ada pihak yang ingin memanfaatkan alat tersebut, pungkas Jasdar Agus, S.Si., M.Sc selaku Ketua pengabdian Masyarakat Jurusan Fisika FST UIN Alauddin Makassar.