Profil

Profil lulusan jurusan Fisika UIN Alaudddin Makassar adalah menghasilkan calon tenaga ahli, peneliti, pendidik (dosen dan guru), dan pelayan publik yang:

  1. Memiliki akhlakul karimah, kompetitif, dan professional, dan dapat mengintegrasikan ilmu fisika dan terapannya dengan ilmu islam yang dapat berperan pada tingkat nasional dan internasional.
  2. Mampu bekerjasama dan beradaptasi dengan cepat dalam lingkungan kerja dan sosial budaya masyarakat.
  3. Memiliki semangat dan tanggung jawab yang tinggi dalam mengembangkan ilmu, teknologi dan seni.


Sejarah

Jurusan  Fisika  merupakan salah satu dari 9 jurusan pada Fakultas Sains & Teknologi UIN Alauddin Makassar. Jurusan Fisika  lahir berdasarkan rekomendasi pembukaan program studi umum pada Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar dari DIRJEN DIKTI No. 4469/D/T/2004 tanggal 12 November tahun 2004 dan ijin penyelenggarakannya didasarkan pada Surat Rekomendasi Dirjen Pendidikan Tinggi No. 4035/D/T/2005 tentang Penambahan Program-Program Studi Baru UIN Alauddin Makassar. Jurusan Fisika mulai menerima mahasiswa tahun 2015.


Fasilitas

  1. Fasilitas gedung perkuliahan.
  2. Fasilitas Laboratorium (Laboratorium Fisika Dasar, Laboratorium Elektronika, Laboratorium Fisika modern dan fisika kesehatan, Laboratorium instrumentasi, Laboratorium Fisika komputasi).
  3. Perpustakaan universitas, perpustakaan fakultas, dan koleksi buku di ruang baca jurusan Fisika.
  4. Fasilitas website jurusan
  5. Beasiswa dari beberapa sumber: Kemenag, BI, BRI, Pemprov, Pemda dan sebagainya.