physics Idea Competition 2022

  • 03 Oktober 2022
  • 09:54 WITA
  • Administrator
  • Berita

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika telah menyelenggarakan Physics Idea Competition 2022 dengan tema Ideas Create Sustainable Science and Technology Innovation atau Ide Menciptakan Inovasi Sains dan Teknologi Berkelanjutan yang diadakan di LT. Fakultas SAINTEK pada Sabtu, 1 Oktober 2022.  Physics Idea Competition 2022 adalah salah satu program kerja yang diadakan oleh bidang penelitian dan pengembangan, dimana lewat program kerja ini diharapkan bibit-bibit baru dari mahasiswa yang berkompeten dapat dihasilkan.

“Physics idea competition ini hadir sebagai langkah awal dan gerbong pertama untuk para mahasiswa mewujudkan jiwa kompetitifnya agar dapat lebih berkembang dan sebagai ajang pembelajaran pertama untuk para mahasiswa dalam dunia kompetisi sebelum melanjutkan ke tingkat yang lebih sulit lagi dengan ide-ide yang lebih cemerlang lagi. Persoalan menang dan kalah dalam sebuah kompetisi itu sudah biasa dan semuanya adalah yang terbaik.” jelas Tenri Rukmana selaku Ketua HMJ Fisika 2022.

Dalam Physics Idea Competition ini terdapat 4 tim finalis yang mempresentasikan hasil inovasinya, diantaranya yaitu Tim Letrium dengan judul Briket Pengasapan dari Bahan Pelepah Pisang. Tim Inevitable dengan judul Pemanfaatan Limbah Jerami Padi dan Kulit Singkong Sebagai Biodegradable Foam (Biofoam) Alternatif Pengganti Styrofoam Ramah Lingkungan (Studi Kasus: Pabrik Beras Bone, Sulawesi Selatan). Tim Equilibrium dengan judul Pembuatan Bioethanol dari Limbah Umbi Porang. Tim Relavitas dengan judul Pelepah Pisang Sebagai Bahan Pembuatan Filter Udara untuk Emisi Gas Karbon Monoksida (CO) dari Kendaraan Bermotor.

Jasdar Agus S.Si., M.Sc selaku salah satu juri Physics Idea Competition 2022 menambahkan, Saya ucapkan selamat kepada panitia & HMJ atas terselenggaranya kegiatan ini, semoga adik-adik mahasiswa bisa banyak belajar dari kegiatan ini khususnya tentang eksperimen laboratorium. Dan saya lihat ada beberapa penelitian potensial jadi saya harap berlanjut sampai didapatkan instrumen sesuai proposalnya. Tentu kami dosen-dosen dengan senang hati bersedia menjadi teman diskusi untuk adik-adik mahasiswa. Physics Idea Competition ini ditutup dengan pengumuman pemenang lomba, serta penyerahan piala dan hadiah kepada para pemenang lomba.