Thailand Inventors’ Day and Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation and Technology Exposition 2023

  • 07 Februari 2023
  • 03:37 WITA
  • Administrator
  • Berita


Selamat kepada Edysul Isdar atas prestasinya memperoleh medali perunggu dalam Thailand Inventors’ Day  2023 and Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation and Technology Exposition (IPITEX). Event ini diselenggarakan oleh National Research Council of Thailand (NRCT) pada tanggal 02-06 Februari 2023 di Bangkok International Trade and Exhibition Center (BTEC) Bangkok. Event ini dilaksankan setiap tahunnya untuk memperingati hari penemu di Thailand. Dalam melaksanakan event ini, NRCT bekerja sama dengan 59 Organisasi Internasional, salah satunya adalah INNOPA (Indonesian Invention and Innovation Promotion Association) sehingga Indonesia dapat turut andil dalam mengirimkan delegasinya pada event ini. Event ini di ikuti oleh 469 tim dari 57 Negara yang terbagi menjadi  8 bidang lomba inovasi projek, salah satunya  yaitu Protection of Inveronment. Event ini dilaksanakan selama 5 hari berturu-turut, dimana pada 4 hari pertama di isi dengan presentasi tim di stage Expo BITEC dan  presentasi di stage utama BITEC. Selain itu, pada hari ketiga kerajaan Thailand juga menghadiri event ini namun hanya peserta yang memenuhi syarat keamanan yang dapat memasuki stage pada saat itu. Kemudian hari kelima adalah awarding atau penganugrahan penghargaan bagi  pemenang pada setiap bidang.


Edysul Isdar dari Prodi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar mewakili Indonesia dengan mengusung tema "Filtration System and Detection of Heavy Metal Content in Industrial Waste Water Based on an Arduino Microcontroller" berhasil memperoleh juara ketiga. Sedangkan juara pertama dan kedua berturut-turut diperoleh Korea Selatan dan Jerman.